Skip to main content

Lalu Lintas

A. Latar Belakang
     Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang. Banyak masalah yang dialami oleh negara Indonesia. Jika ditinjau dari lalu lintasnya mungkin kita akan menemukan masalah yang paling kompleks yaitu pada permasalahan mengenai kemacetan. Kemacetan adalah situasi atau keadaan yang tersendat atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Kemacetan sekarang tidak hanya terjadi di kota kita yang tecinta ini yaitu Banda Aceh.
      Jika kita lihat perangkutan antar bumi dan bulan, bahkan antarplanet telah terlaksana dengan lancar dan terus berkembang pesat. Akan tetapi dipihak lain perangkutan dikota kita belum banyak berubah. Masalah lalu lintas adalah masalah yang sangat penting karena masalah ini adalah masalah yang sulit dan harus dipecahkan bersama. Apabila masalah ini tidak terpecahkan maka masyarakat sendiri yang akan menanggung kerugiannya, dan apabila masalah ini dapat terpecahkan dengan baik maka masyakat sendiri pula yang akan merasakan manfaatnya. Oleh karena itu marilah kita mencari ide-ide dan alternatif terbaik untuk mengatasi masalah ini.
B. Pokok permasalahan
Dari latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan yaitu :
·        Apa penyebab kemacetan lalu lintas.
·        Dampak – dampak negatif apakah yang ditimbulkan oleh kemacetan.
·        Bagaimana upaya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.
C. tujuan
    Makalah ini dibuat agar seluruh lapisan masyarakat bersedia untuk ikut serta dalam memikirkan masalah kemacetan yang semakin hari semakin parah, tidak hanya mengandalkan pemerintah saja, tetapi juga ikut menjadi bangian dari masalah ini. Karena jika hanya mengandalkan pemerintah saja, mungkin masalah ini membutuhkan waktu yang lama untguk terselesaikan.

B. Pemabahasan
1.Penyebab Kemacetan Lalu Lintas
Sekarang saya menguraikan beberapa penyebab terjadinya kemacetan lalu lilntas :
·        Arus kendaraan yang akan melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan tersebut. Jumlah kendaraan semakin meningkat, tidak sebanding dangan pertambahan panjang dan luasnya jalan.
·        Pakir liar yang mengambil sebagian badan jalan.
·        Terjadinya kecelakaan di jalan yang menyebabkan warga berkerumun memadati jalan, akibat dari bekas kecelakaan ataupun kendaraan yang bersangkutan dangan kecelakaan belum dipindahkan dari jalur lalu lintas.
·        Adanya genangan air yang tinggi atau banjir sehinnga memperlambat laju kendaraan.
·        Adanya perbaikan jalan.
·        Kepanikan yang terjadi akibat dari bunyi sirine pertanda tsunami yang menyebabkan semua orang berbondon-bondong menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.
·        Diselenggarankannya kegiatan yang memakai jalan. Misalnya seperti orang yang menjual baju obral dipinggir jalan, sehingga menarik pembeli dan menyebabkan antrian di jalan.
·        Demostrasi yang mengambil sebagian jalan.
·        Banyaknya angkutan umum yang berheti disembarangan tempat untuk menunggu penumpang.
·        Pengguna jalan tidak menyebrang dengan menggunakan jembatan penyebrangan.
2. Dampak Negatif Dari Kemacetan
   Kemacetan lalu lilntas menimmbulkan beberapa daampak negatif yang amat besar, antara lain :
·        Waktu terbuang sia-sia diperjalanan, akibat kecepatan yang sangat rendah.
·        Meningkatnya polusi udara, karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi.
·        Meningkatnya stress pengguna jalan.
·        Menggangu kelancaran Emergency (darurat) yang sedang bertugas, seperti ambulans dan pemadam kebakaran.
3. Upaya Untuk Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas
Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemacetan alu llintas, antara lain:
·        Dapat kita perhatikan, di daerah banda aceh kita ini kemacetan seringkali terjadi ketika waktunya berangkat kesekolah dan pulang dari sekolah. Banyak sekali orang tua yang mengantar dan menjemput anaknya menggunakan kendaraan pribadi atau ada anak yang membawa kendaraan mereka sendiri yang menambah semakin padat lalu lintas. Oleh karena itu untuk mengurangi kemacetan lau lintas ada baiknya setiap sekolah menyediakan bus antar-jemput kepada muridnya, sehingga jalan akan sedikit lebig lenggang.
·        Meningkatkan kapasitas jalan dengan cara, misalnya mempelebar jalan.
·        Juga meningkatkan keamanan serta kenyamanan pada angkutan umum, sehingga masyarakat tertarik untuk menaiki angkutan umum dan tidak mengendarai kendaraan pribadi mereka agar bisa menekan kemacetan.
·        Membatasi jumlah kendaraan pribadi misalnya melalui peningkatan biaya pemilikan kendaraan, pajak bahan bakar, pajak kendaraan bermotor, bea masuk yang tinggi.
·        Menerapkan aturan kepada angkutan umum. Pada aturan ini angkutan umum tidak boleh mengangkut dan memberhentikan penumpang di sembarang tempat, jadi ada tempat yang sudah ditentukan untuk mengangkut dan menurunkan penumpang. Jika berhenti sembarangan terutama di persimpangan jalan akan diberi sanksi.

C. Kesimpulan
    Lalu lintas sudah sedemikian macetnya. Dari tahun ke tahun diperkirakan kemacetan ini akan terus menerus bertamabah sebab pertamabahan kendaraan bermotor 11% pertahun sedangkan pertambahan jalan hanya 1% setahun. Dari perbandingan ini kita dapat membayangkan mengapa kemacetan dan lalu lintas itu sangat sulit untuk diatasi.
    Untuk mengatasi kemacetan yang terus bertambah, bahkan untuk mengatasi terjadinya kemacetan total, maka seluruh masyarakat dan juga pemerintah ahrus segera memikirkan jalan keluarnya dari sekarang. Pemerintah harus menambah sarana dan prasarana lalu lintas lintas dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan angkutan umum.
      Masyarakat juga dapat membantu pemerintah dalam menguragi kemacetan, misalnya dengan selalu tertit berlalu lintas, meningkatkan kesadaran lalu lintas juga dapat dilakukan dengan cara mematuhi semua peraturan lalu lintas. Bila semua itu dapat dilakukan dengan baik, mungkin kemcetan lalu lintas sedikit berkurang. Selain itu masyarakat seharusnya menggunakan angkutan umum karena jika mereka semua masih tetap menggunakan kendaraan pribadi, kemacetan tidak bisa diatasi juga.
      Kedisiplinan beralu lintas para pengguna jalan memang masih sangat rendah. Hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas. Dan itu sangat merugikan masyarakat karena kemacetan dapat menyebabkan pemborosan BBM, pemborosan waktu dan menimbulkan polusi udara.

D. Saran
·        Pemerintah sebaiknya meningkatkan pelanyanan angkutan umum, agar masyarakat tertarik untuk berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.
·        Penegakan hukum yang tegas terhadap pengguna jalan, penjalan kaki, pedangan kaki lima dan lainnya yang melanggar aturan.
·        Pemerintah sebaiknya memasukkan pendidikan berlalu lintas dalam lingkup sekolah dasar dan sekolah menengah.

E. Harapan
·        Saya berharap agar transportasi alu lintas berjalan lancar, tidak ada kemacetan lagi.
·        Saya berharap pemerintah membuat kebijakan kepada masyarakat apabila suatu tempat yang mereka tuju tidak jauh mak sebaiknya menggunakan kendaraan tanpa BBM, misalnya sepeda.
·        Saya berharap di masa depan nantinya, akan dipasang pemantau kecepatan di beberapa titik jalan, agar pihak pemerintah sendiri dapat memantau perkembangan jalan setia saat dan dapat mengetahui apa saja yang terjadi dijalan.



                                                                                                               





Comments