Materi
menekankan pada sistem akuntansi
negara berkembang pilihan dengan menggunakan klasifikasi budaya dalam mengidentifikasi sebagaimana bab terdahulu sebagai
dasar pembahasan. Kita meninjau sistem akuntansi dari India dan Malaysia
sebagai perwakilan dari area
kebudayaan anglo-american; Brazil, Argentina dan Meksiko sebagai wakil dari Negara latin; Cina, Indonesia dan
Thailand sebagai wakil dari negara
Asia; Polandi, Rusia dan Republik Ceko
sebagai wakil dari Negara Eropa
Timur. Sebelum membandingkan Negara-negara tersebut adalah penting untuk
mengetahui situasi ekonomi rata-rata dari setiap Negara secara keseluruhan.
A.
Akuntansi Anglo-Amerika
Akuntansi
anglo-amerika bisa ditemukan pada
Negara-negara dimana Inggris telah memiliki pengaruh kolonial yang kuat,
seperti Australia, Kanada, Hongkong, India, Irlandia, Kenya, Malaysia, New Zealand, Nigeria, Singapura, dan Afrika
selatan. Negara-negara tersebut cenderung lebih
mementingkan kebutuhan investor. Secara relatif kurang
konservatif dan lebih transparan dari negara-negara Latin dan Jerman.
India
Pada
tahun 50-an, lebih dari 50% penduduk India berada dalam kemiskinan. India telah meningkatakan taraf
ekonomi secara signifikan dalam dekade terakhir ini. Tidak hanya tingkat kemiskinan yang
telah berkurang, tetapi pertumbuhan ekonomi telah meningkat dan berbagai macam
indikator sosial telah meningkat seperti Harapan hidup dan melek huruf.
Karena yang diterapkan di
India berasal dari inggris, standar akuntansinya memusatkan pada kebutuhan
informasi daripara investor.
· Pada
tahun 1949, ICAI (Institute of
Chartered Accountants in India) dibentuk sebagai organisasi
nasional dari akuntanyang telah terdaftar di India. Kemudian ASB (Accounting Standard Board) didirikan
untuk (1) merumuskan standard akuntansi dan membantu dewan ICAI dalam (2)
menciptakan dan merubah standar akuntansi di India. ICAI adalah anggota penuh
dari IFAC (International Federation of Accountants) dan (3) diharapkan untuk
memajukan IFRS (International Financial Reporting Standards) dalam mencapai
harmonisasi internasional. Seperti contohnya, ASB (4) memberikan pertimbangan
terhadap IAS (International Accounting Standards) dan IFRS yang diterbitkan
oleh IASB (international Accounting Standard Board) dan mencoba untuk
mengimplementasikannya dalam standar mereka sampai batas yang memungkinkan,
mengingat keadaan di sekitar India.
Malaysia
· Negara
ini telah (1) mengalami
pertumbuhan yang sangat cepat dalam 30 tahun terakhir ini. Lebih jauh
lagi, tingkat kemakmuran malaysia telah meningkat secara pesat. (2) Prospek
beberapa tahun ke depan pun amat menjanjikan dengan antisipasi pertumbuhan
dalam GDP, konsumsi pribadi dan investasi pribadi.
· The Malaysian Institute of Accounting (MIA) telah
didirikan dibawah pengawasan regular perkumpulan profesi akuntan di Malaysia.
Tapi, Malaysia merestrukturisasi sistem akuntansinya pada tahun 1997 dengan
Financial Reporting Act, yang dibuat oleh Financial Reporting Foundation (FRF)/ Badan pelaporan keuangan
dan Malaysian Accounting Standart Board (MASB). (3) FRF mengawasi pekerjaan MASB tetapi
tidak terlibat dalam proses standarnya. MASB adalah badan independen yang di
ciptakan untuk mengembangkan dan mengajukan standar akuntansi di Malaysia.
B.
Akuntansi di Negara
Latin
Citra
rasa dari akuntansi latin dapat ditemukan di berbagai negara berkembang
khususnya Brasil, Chili, Kolombia, Meksiko, Peru dan Uruguay. Akuntansi latin lebih bersifat konservatif dan rahasia
dibandingkan dengan negara Anglo-Amerika.
Brasil
· Seperti
di Prancis dan Itali, tradisi akuntansi di Brasil (1) memberikan pilihan informasi yang di butuhkan
oleh petugas pajak dan kreditor. Meskipun kepentingan investor dari
dalam dan luar negeri yang sudah masuk ke dalam pasar saham meningkat. Masih
ada signifikan kecil yang sama jauhnya dengan sikap ke akuntansi dan
penyingkapan yang diperhitungkan. Seperti di negara latin lainnya, (2) pengaruh
dari pemerintahan, peraturan perusahaan dan kebijakan pajak dalam akuntansi
adalah hal dasar yang amat penting.
· Warisan kebudayaan Portugis di Brasil adalah
faktor yang sangat mempengaruhi. Meskipun peraturan perdagangan dasar
telah ditetapkan pada tahun 1850, (a) hukum perusahaan pada tahun 1976 berisi
tentang persyaratan dasar perintah persiapan pelaporan keuangan dan
pengungkapan untuk perusahaan publik. Sebagai tambahan (b) Commissao de Valores
Mobiliarios (CVM), SEC,, mengeluarkan standar akuntansi untuk perusahaan yang
terdaftar dalam pasar modal. Pasar modal Brasil meskipun kecil dibandingkan
dengan Inggris dan Amerika. Tetapi merupakan salah satu pasar utama di Amerika
Latin dan pertumbuhannya amat penting. Profesi akuntan
di Brasil tidak begitu berkembang seperti di negara Anglo-Saxon, tetapi (c)
institute untuk akuntan Brasil (IBRACON) dan Dewan Akuntansi Federal telah
mengeluarkan standar akuntansi yang diterima secara umum sebagai prinsip
akuntansi yang bertujuan untuk mengembangkan akuntansi di negara ini.
Argentina
Pada
sejarahnya, akuntansi Argentina berfokus
pada pemenuhan kebutuhan kreditor dan pemungut pajak. Kebijakan keuangan
di Argentina mewajibkan pelaporan keuangan tahunan dan perusahaan publik juga
harus mengeluarkan pernyataan setiap kuartal (4 bulan).
· Argentina
memiliki sistem akuntansi yang unik di Amerika Latin. Standar akuntansi mereka ditetapkan oleh
FACPCE, tapi struktur FACPCE berbeda dengan negara Latin lainnya.
FACPCE terdiri dari 24 dewan terpisah yang datang bersama untuk membuat resolusi
teknikal (TR), yang mana berkaitan dengan norma akuntansi pada subjek tertentu.
Setiap anggota dewan mewakili yuridikasi yang berbeda di Argentina. setelah TR
terbentuk oleh FCAPCE, maka anggota dewan memutuskan untuk menyetujui TR
tersebut atau mengamandemennya untuk bagian tertentu. Sebagai hasilnya adalah
harmonisasi di seluruh negeri bisa tercapai jika semua standar bisa diadopsi
tanpa adanya perubahan apapun.
· Argentina
juga menunjukan kebingungan antara siapa yang bisa mengajukan hukum daripada
standar akuntansi. Dengan memperhitungkan bahwa tingkat inflasi di argentina
beberapa tahun yang lalu tinggi, konsep dari level harga umum (GPL/General
Price Level) juga telah dipertimbangkan untuk di formulasikan ke dalam standar
akuntansi. Lebih spesifik lagi akuntansi GPL memperbolehkan Argentina
untuk mengatur jumlah kas pada laporan keuangan mereka untuk mencerminkan
kemampuan membeli mereka. Tapi pemerintah Argentina memutuskan
untuk mengeluarkan keputusan ke institusi regulasi Argentina seperti CNV dan
Bank Sentral untuk tidak menerima GPL.
Meksiko
Seperti
Brasil, Meksiko memberikan
informasi yang dibutuhkan oleh kreditor dan pemungut pajak. Sistem
resmi Meksiko yang berasal dari Prancis adalah faktor yang lebih disukai.
· Sejak
pembentukan persetujuan perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA/North America
Free Trade Agreement). Pertumbuhan ekonomi Meksiko telah meningkat. Tetapi
dengan negara internasional lainnya menjadi lebih menonjol pada arena global,
ini penting bagi Meksiko untuk mengakses pendanaan. Meksiko memerlukan
keterbukaan dalam kerjasamanya sebagai tujuan untuk mencapai perkembangan
ekonomi yang berkesinambungan.
· Secara
sejarah, akuntansi Meksiko telah
di pengaruhi prinsip akuntansi berlaku umum AS dan standar auditing AS. Pengaruh
kuat ini dibutuhkan oleh Meksiko untuk investasi asing yang datang dari AS.
Lebih jauh lagi banyak perusahaan Meksiko yang mendaftarkan dirinya ke dalam
pasar saham terbesar di dunia. Kecenderungan mereka untuk melihat ke standar
akuntansi AS telah meningkat setelah dibuatnya NAFTA, tetapi Meksiko secara
berkala melihat IFRS ketika standar AS tidak bisa memenuhi keinginan mereka.
· Konstitusi
Meksiko menetapkan asosiasi profesional untuk menetapkan bagian tanggung jawab
aktivitas mereka. Asosiasi akuntan melalui negara mendelegasikan kapasitas yang
berkaitan dengan aturan ke IMCP,
yang juga merupakan institusi yang mengawasi profesi akuntansi di
Meksiko. IMCP mengeluarkan standar akuntansi dan audit, begitu juga
kode etik untuk akuntan mirip seperti AICPA di amerika. IMCP menetapkan
persyaratan pendidikan berkelanjutan, melakukan investigasi dan mengatur
praktek profesional.
· Pada
tahun 2001 IMCP membentuk CINIF. Institusi
ini bertanggung jawab untuk membuat standar akuntansi sejalan dengan
IFRS. Pada tahun 2004 standar yang dikeluarkan oleh IMCP diteruskan ke
CINIF. Pada awal 2005, GAAP Meksiko sudah 70% sejalan dengan standar
internasional.
C.
Akuntansi di Asia
Banyak
negara berkembang mempunyai sejarah penjajahan seperti Indonesia (Belanda);
India, Pakistan, Hong Kong, Singapura dan Malaysia (Inggris); dan philipina
(Spanyol/AS). Cina juga telah di pengaruhi oleh ide barat dan sosialis dari
bekas Uni Soviet. Pada tahun 1997, banyak negara berkembang di Asia mengalami
kemunduran kepercayaan diri didalam pasar keuangan, yang berujung pada krisis
finansial. Salah satu jalan keluar dari hal ini adalah meningkatkan kualitas
dan transparansi akuntansi dengan cara mengadopsi kualitas dan transparansi
akuntansi, dengan cara mengadopsi kualitas yang lebih tinggi dari standar
akuntansi.
Cina
Perubahan dari fokus utama pada informasi yang dibutuhkan
oleh pemerintah (melibatkan perencanaan dan perpajakan nasiona) menuju ke sudut
pandang yang lebih luas termasuk oleh investor, kreditor dan manajemen
perusahaan. Sebuah keputusan yang berorientasi mikro yang menahan ukuran
kontrol makro ekonomi-keseimbangan yang diberikan ke tradisi Cina oleh
keseragaman dan peraturan yang detail.
· RRC
adalah negara yang menganut paham komunis, oleh karena itu pemerintah, melalui hukum yang ditetapkan oleh Kongres Rakyat
Nasional, adalah pengaruh
utama dari akuntansi dan auditing. Meskipun sejarah akuntansi di
Cina bisa dilacak 2000 tahun yang lalu, pada awal tahun 1900 sistem pembukuan
ganda dikenalkan,. Kemudian pada tahun 1940, sistem akuntansi berorientasi
barat dilaksanakan pada perusahaan besar dan pelajaran akuntansi di tingkat
universitas pun meningkat dipengaruhi oleh UK dan AS.
· Tetapi
RRC pada tahun 1949 berubah
drastis dengan pengenalan sistem akutansi Uni Soviet dan tekanan
atas keseragaman dan kontrol terpusat untuk tujuan rencana nasional. Sejak
1978, pendekatan ini telah dimodifikasi mengikuti kebijakan "pintu
terbuka" ke dunia luar dan program ambisius Cina untuk meodernisasi.
Dengan reformasi ekonomi yang
menuju ke arah orientasi ekonomi telah mendatangkan beberapa reformasi
akuntansi. Hukum akuntansi RRC diadopsi pada tahun 1985 dan
direvisi pada 1993 dan lagi 1999, ditetapkan prinsip umum yang peduli tentang
perusahaan dan lingkungan akuntansi, dan didukung oleh MOF untuk mengeluarkan
standar akuntansi. Pada tahun 1992, dasar akuntansi
untuk perusahaan bisnis dan kerangka kerja konseptual unuk RRC di keluarkan,
pada awal tahun 1993 standar akuntansi dikembangkan ke dalam berbagai topik
dengan standar akhir yang dikeluarkan. Pada tahun 1998, peraturan yang
diaplikasikan untuk bergabung ke perusahaan diganti dengan keluarnya sistem
akuntansi untuk bergabung dengan PT. mengikuti revisi peraturan akuntansi pada
tahun 1999.
· Dewan RRC juga mengeluarkan FARRuntuk
perusahaan. Yang mana memperbaharui definisi dari aset, liabilitas,
ekuitas pemilik, pendapatan dan beban yang sebelumnya sama dengan standar
dasar. FARR juga mengelompokan komponen pertanyaan keuangan/laporan keuangan
termasuk laporan arus kas, neraca saldo dan laporan laba rugi. Standar
akuntansi yang baru, dibangun sebagai standar dasar dan rangkaian dari standar
spesifik, yang menggambarkan perubahan besar dengan pendekatan dalam akuntansi
Cina dalam hal semua perusahaan sekarang perlu patuh dengan gabungan dari
prinsip akuntansi.
· Akuntansi
keuangan berdasarkan pada kesamaan sumber dana dan pengaplikasian dana, telah
diperbaharui dan diganti dengan penjumlahan akuntansi, dimana aset-aset sama
dengan liabilitas ditambah modal/ekuitas pemilik. Dalam pembuatan perubahan
ini, kepentingan grup pengguna
yang lebih luas melebihi pemerintah. Telah dikenali, di beri nama,
investor, kreditor dan manajemen perusahaan. Informasi akuntansi sekarang harus
bertemu dengan lebih dari persyaratan untuk kontrol makro ekonomi nasional.
Jadi posisi keuangan perusahaan dan hasil operasi bisa dimengerti dan praktik
finansial &administrasi yang telah dikuatkan, informasi akuntansi juga harus
bertemu dengan kepentingan/kebutuhan pengguna eksternal dan manajemen.
Meskipun pemerintah melalui MOF dan agensi akuntansi
resmi, telah menetapkan reformasi akuntansi, ini sangat adil untuk dikatakan
bahwa organisasi akuntansi,yang notabene adalah Asosiasi Akuntansi Cina, sebuah badan yang mengkhususkan
dalam penelitian dalam pendidikan, teori dan praktik akuntansi, telah memainkan
peranan penting. Asosiasi ini didirikan pada tahun 1980, membentuk grup
penelitian dalam teori dan standar akuntansi dengan kebanyakan anggotannya yang
memiliki pendidikan setara dengan profesor.
Indonesia
Berdasarkan
sejarah, sistem akuntansi Indonesia didasari oleh sistem akuntansi Belanda
sebagai hasil dari pengaruh Belanda di negeri ini. Tetapi, ikatan antara kedua
negara rusak pada pertengahan tahun 1900.
· Indonesia berubah mengikuti praktik akuntansi
AS. IAI didirikan pada tahun 1959 untuk membimbing akuntan
Indonesia. Pada tahun 1970 IAI membuat kode berdasarkan GAAP pada waktu itu.
Sistem akuntansi Indonesia berfokus kepada informasi yang dibutuhkan oleh
investor diatas permintaan pemerintah. Pada tahun 1974, IAI membuat komite
standar akuntansi keuangan untuk membuat standar keuangan.
· Indonesia
telah membuat perkembangan ekonomi yang bagus pada dekade yang lalu. Tetapi
krisis finansial asia membuat negara ini menuju ke arah kemiskinan. Sejak krisis,
Indonesia telah melakukan beberapa perubahan sosial dan politik. Yang
menghasilkan perubahan substansial dan merubah drajat kemakmuran seperti
sebelum krisis. Pada tahun 1994, komite standar
akuntansi keuangan direkonstruksi sebagai aturan standar akuntansi yang lebih
independen atas IAI, sekarang DSAK bekerja untuk mengharmonisasi standar
akuntansi indonesia dengan IFRS.
Thailand
Thailand adalah salah satu
negara di Asia Tenggara yang berhasil menghindari penjajahan.
· Tetapi
sistem akuntansi di negara ini menghargai
transparansi dan kebutuhan informasi investor, mirip dengan negara
Anglo-Amerika. Setelah krisis keuangan tahun 1997.
· Thailand
menerapkan reformasi untuk meningkatkan kerjasama pemerintah dan meningkatkan
investasi untuk kompetisi. Perekonomian Thailand pulih dengan cepat dan
mengalami pertumbuhan yang bagus. Tingkat kemiskinan juga menurun sebagai
akibat dari penguatan ekonomi. Standar
akuntansi dikeluarkan oleh ICAAT, yang didirikan pada tahun 1948.
Tetapi, standar akuntansi Thailand harus
disetujui oleh menteri keuangan dan ditempatkan secara hukum sebelum perusahaan
menggunakan.
· Sekarang
ICAAT telah mengadopsi 21 dari seluruh standar IAS. Komisi bursa saham Thailand
mensyaratkan bahwa semua perusahaan yang mendaftarkan diri pada SET (bursa
saham Thailand) harus diaudit oleh auditor eksternal dan independen. Lebih jauh
lagi perusahaan yang ingin mendaftarkan diri dalam bursa harus memenuhi
beberapa persyaratan yang dibutuhkan oleh investor.
· Sebagai
tambahan, ini sudah diputuskan bahwa pengawasan perusahaan yang sudah masuk ke dalam bursa saham yang
dulunya dilakukan oleh menteri keuangan sekarang di pindahkan ke Thailand SEC yang mana akan menghasilkan
peraturan organisasi dan penekanan hukum ke perusahaan yang sudah terdaftar
dalam bursa saham.
D.
Sistem
Akuntansi di Negara Eropa Timur
Akuntansi
di Eropa Timur menurut sejarah didasarkan pada konsep sosialis yang berfokus kepada rencana ekonomi. Akuntansi
mereka juga condong kearah kebutuhan petugas pajak dan fokus sedikit ke arah pencerminan laba perusahaan. Tetapi
dalam beberapa tahun terakhir. Negara di Eropa Timur telah menerapkan transisi
dari negara sosialis menuju ke gaya ekonomi pasar barat. Bagian ini menjelaskan
mengenai Rusia, Polandia dan Republik Ceko yang merubah sistem akuntansinya
seiring pergerakan mereka menuju pasar ekonomi.
Polandia
· Polandia
memulai transisinya ke arah pasar ekonomi pada tahun 1990 menggunakan model shock therapy, yang berarti bahwa
semua perubahan dibuat secara bersamaan. Faktanya tujuan Polandia adalah
membangun basis untuk pasar ekonomi dalam satu tahun. Dengan cara membuat
legal, institusional dan institusi ekonomi yang diperlukan untuk membantu privatisasi
ekonomi. Meskipun transisi mereka dimulai di bawah kondisi yang susah seperti
inflasi yang tinggi. Negara mereka pun menjadi salah satu pemimpin diantara
negara transisi.
· Kemiskinan
dan pengangangguran masih tetap tinggi di Polandia, tetapi negaa ini tetap
membuat kemajuan. Mungkin yang
paling berarti adalah masuknya negara ini ke dalam Uni Eropa pada tahun 2004. Dibawah
rezim komunis, akuntansi tetap eksis untuk mengatur penggunaan aset negara dan
menjaga aset publik dari pencurian. Menteri keuangan membuat akuntansi untuk
mengontrol kegiatan dari perusahaan perseorangan. Rencana akuntansi Soviet
dikenalkan pada tahun 1953-1954 yang mana mengalokasikan dana surplus untuk
aktivita negara. Dengan begitu akuntansi ada bukan untuk mengukur keuntungan
atau efisiensi tetapi untuk menolong pemerintah menyalurkan dana untuk
aktivitas negara. Pengungkapan yang digunakan untuk mengetahui seberapa bagus
perusahaan mencapai target surplus. Meskipun tidak ada hukuman untuk kegagalan,
perusahaan masih beresiko untuk tidak disukai oleh partai komunis.
· Sistem
akuntansi polandia melalui 3 tahapan transisi yaitu pada tahun:1991, 1994, dan
2000. ketetapan akuntansi 1991 yang dikeluarkan oleh menteri keuangan untuk
menyediakan peraturan yang menjembatani transisi ekonomi menuju pasar ekonomi.
Tetapi, ketetapan yang dibuat tanpa mengkonsultasikan perbedaan pengguna
informasi sangat dikritik karena sangat tidak membantu dan banyaknya ketidak
konsistenan antara praktik dan aturan. The Accounting Act tahun 1994 yang
dikeluarkan untuk membawa akuntansi Polandia lebih dekat dengan standar Uni
Eropa. Polandia mengadopsi ide dari "true and fair view" dan
mengeluarkan standar untuk mengisi kekosongan dalam sistem. Peraturan ini
membuang persyaratan untuk menggunakan chart of account dan mensyaratkan
perusahaan untuk mengembangkan rencana akuntansi perusahaan. Sebagai tambahan,
ini mengatur bursa saham untuk membuat peraturan untuk perusahaan yang ikut
bursa saham, lebih spesifik lagi di daerah pengungkapannya. Standar Akuntansi Polandia sekarang sudah
lebih sejalan dengan IFRS.
Rusia
Meskipun
situasi ekonomi di Rusia telah meningkat, negara ini berbeda dengan negara
transisi lainnya. Pertama, saham perusahaan baru masih kecil dibandingkan
dengan yang lain. Yang kedua, banyaknya unit prodeksi bergaya soviet lama yang
mesih berfungsi meskipun dalam keadaan merugi. Kemampuan negara ini untuk
tumbuh berasal dari Sumber Daya Alamnya, contohnya minyak dan gas, lebih jauh
mereka mendominasi dengan monopoli lamanya yang tidak berubah.
· Dalam
Federasi Rusia, pemerintah mempunyai kontrol tunggal atas akuntansinya. Sebagai
hasil dari latar belakang negara sosialis. Standar akuntansi Rusia
diformulasikan untuk melacak input dan output. Karena itulah standar
mencerminkan sedikit tentang nilai dan laba. Perusahaan di Rusia lebih condong
merubah laba untuk menghindari pajak dan merubah pendapatan agar terlihat lebih
menguntungkan bagi investor.Umumnya menteri keuangan Rusia membuat ketetapan
akuntansi. tetapi,
· CBRF yang bertanggung jawab untuk membuat
standar akuntansi dan audit untuk bank dan institusi kredit. Sebagai tambahan
CBRF memonitor mereka dan menetapkan persyaratan modal minimum.
· Pada
tahun 2002 perdana menteri Rusia mengumumkan bahwa perusahaan Rusia dan bank harus membuat laporan keuangan yang sesuai
dengan IFRS pada awal tahun 2004. Lebih spesifik lagi semua
pernyataan konsolidasi oleh perusahaan dan bank harus disiapkan dengan IFRS.
Laporan keuangan bank individual juga harus disiapkan dengan IFRS tetapi untuk
perusahaan individual harus lanjut menggunakan GAAP Rusia.
Rebuplik Ceko
Republik
Ceko mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1993 dan secara bertahap mengikuti polandia dan menggunakan model
shock therapy sebagai sebuah upaya untuk berubah menjadi pasar
ekonomi. Meskipun berjalan dengan sukses beberapa tahun pertama, Republik Ceko
mendapatkan masalah dengan mata uangnya pada tahun 1996, yang mana membutuhkan
keputusan kebijakan uang ketat. Perekonomian masih menderita karena defisit
keuangan besar dan inflasi yang terus meningkat. Tetapi banyak orang merasa
Republik Ceko telah berhasil mentransisi dirinya ke pasar ekonomi, hal ini
dibuktikan dengan masuknya mereka
ke Uni Eropa pada tahun 2004. Republik Ceko
memperkenalkan sistem akuntansi dan pajak yang baru pada tahun 1993. seperti
polandia, standar ini masih dibuat
oleh menteri keuangan, tetapi mereka lebih fokus ke standar ekonomi
yang dibawa pasar. Republik Ceko sekarang bekerja untuk menghilangkan perbedaan
antara peraturan akuntansi Ceko dengan IFRS menggunakan aturan Ceko. Seperti
Polandia, hak masuk Republik Ceko ke Uni Eropa merupakan langkah besar untuk
negara ini karena persyaratannya yang berat. Sebagai tambahan ini menggambarkan
kesuksesan negara ini untuk pasar ekonomi. Meskipun keterpurukan ekonomi masih
ada. Sebagai bagian dari Uni Eropa, republik ceko mengadopsi IFRS pada tahun 2005. Tantangan
Republik Ceko pada saat ini adalah untuk bertahan dengan perubahan yang cepat
tanpa manajemen senior. Perubahan menuju IFRS membutuhkan banyak perjuangan
dari seluruh perusahaan untuk menggunakan sistem baru dalam proses pengungkapan
perusahaan.
Comments
Post a Comment